Kenalilah Cuti Besar Menurut Undang Undang

18 Sep 2019 | Absensi | Cuti

Kenalilah Cuti Besar Menurut Undang Undang - Cuti merupakan hal yang tidak asing bagi para pekerja. Cuti merupakan salah satu hak karyawan yang sebaiknya diberikan oleh perusahaan sesuai dengan peraturan. Cuti juga diberikan dengan tujuan untuk memberikan kesegaran jasmani dan rohani karyawan baik pekerja swasta ataupun pegawai negeri sipil. Seperti yang sudah kita ketahui bersama cuti memiliki banyak ragam, dan sebelumnya juga sudah pernah dibahas disini. Nah, saat ini mari kita membahas lebih detail perihal cuti besar.

Cuti besar biasa dikenal juga dengan cuti istirahat panjang. Mirip seperti cuti tahunan, cuti besar memiliki syarat masa kerja yang perlu dipenuhi oleh karyawan terlebih dahulu. Apabila cuti tahunan diberikan jika karyawan sudah 1 tahun bekerja, lain halnya dengan dengan cuti besar yang diberikan jika masa kerja karyawan telah mencapai masa kerja 6 tahun.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai cuti besar:

  • Jumlah Hari
    Berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 Pasal 79 Tentang Ketenagakerjaan, cuti besar ini diberikan sebanyak total 2 bulan bagi karyawan yang telah bekerja selama 6 tahun atau 72 bulan berturut di perusahaan yang sama. Apabila karyawan berpindah cabang namun tetap dalam induk perusahaan yang sama maka masih terhitung bekerja berturut-turut di perusahaan tersebut. Untuk detail perhitungan cuti besar bisa dicek disini.
  • Pelaksanaan Cuti Besar
    Cuti Besar diberikan pada tahun ke 7 dan tahun ke 8 masing-masing 1 bulan. Dan cuti besar ini berlaku juga untuk masa kerja kelipatan. Maka pada tahun ke 13, tahun ke 14, tahun ke 19 dan 20 dst maka karyawan juga berhak mendapatkan cuti besar tersebut. Tentu saja apabila masih bekerja pada perusahaan yang sama. Dan cuti besar juga berlaku selama 6 bulan, namun apabila dari kesepakatan antara perusahaan dan karyawan ada yang lebih baik bisa disesuaikan kembali dengan kesepakatan yang telah disepakati sebelumnya ataupun yang sudah tertuang ada perjanjian kerja atau peraturan perusahaan.
  • Tidak lagi mendapat Cuti Tahunan
    Karyawan yang sudah mendapatkan cuti besar dan sudah mengambilnya maka disebutkan juga pada peraturan bahwa tidak lagi mendapatkan cuti tahunannya.
  • Pengajuan Cuti Besar
    Pihak HR perlu menginfokan kepada karyawan yang berhak menerima cuti besar paling lambat 30 hari sebelum hak cutinya muncul. Tujuannya agar karyawan mendapatkan pemberitahuan sekaligus diberikan kesempatan untuk mempergunakan cuti besarnya sebaik mungkin.
  • Pembayaran Upah
    Untuk karyawan yang mengambil cuti besarnya 1 bulan pada tahun ke 7, maka berhak atas pembayaran gaji full atau normal seperti biasanya. Namun apabila pada tahun ke 8 karyawan mengambil hak cuti besarnya full atau 1 bulan penuh, maka karyawan hanya berhak mendapatkan setengah dari gaji 1 bulan yang terdiri atas gaji pokok dan tunjangan tetap.

Dengan penjelasan di atas perlu kiranya bagian HRD dapat menggunakan software HRIS yaitu Sigma HRIS yang dapat membantu memberikan reminder, siapa saja karyawan yang sudah akan memasuki masa kerja 6 tahun dan nantinya berhak atas cuti besar. Dan dengan Sigma HRIS karyawan pun dapat dengan mudah melakukan pengecekkan saldo cuti besar mereka dan melakukan permintaan cuti besar hanya melalui handphone masing-masing.

Sumber :UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Sigma HRIS

All-In-One HRIS Solution

Follow Us

Semua berita terbaru akan kami update pada halaman Facebook & LinkedIn.

 

Recent Post

Popular Post

Categories